Mengenai Saya

Foto saya
Menjadi beriman mungkin bukan lagi menjadi tujuan utama banyak orang.

Minggu, 25 Desember 2011

CATATAN SEORANG KATEKIS: "Gue adalah seorang Guru Agama, are you joke?"


"Malam ini gue ditampar sama Tuhan. Gue kehilangan iman gue.
  Sekarang gue mau buka-bukaan sama Tuhan dan sama loe semua.
  Gue harap, semua yang gue buka ini bisa mempengaruhi penilaian loe semua tentang gue.
  Gue juga gak peduli dengan pandangan loe semua."

  Mulai besok-besok gue lulus dari FKIP Teologi Atma Jaya. Gue akan dikasih gelar S.Pd.   
  Gue bakal jadi seorang guru. Guru Agama Katolik alias katekis.
  Kata loe, "Gue adalah seorang Guru Agama. Are you joke?"

  Tiap hari, gue ngaca, gue mikir. 
  Apa pantes orang kayak gue jadi guru Agama. 
  Omaigat, susahnya jadi katekis.
  Orang-orang aja lebih suka dengan yang namanya uang, ketenaran, dan instan
 
  Dalam kesehariannya, orang kayak gue ini selalu
  di Cap jadi orang kudus, di Cap jadi suri teladan. 
  Dianggap orang baik.
  Dianggap mampu menafsirkan Injil. 
  Dianggap mampu memimpin ibadat. 
  Dianggap mampu menyanyikan mazmur.
  Dianggap mampu membacakan Injil dengan baik.
  Dianggap mampu menafsirkan mimpi.
  Dianggap mampu membaca pikiran.
  Dianggap mampu mengusir roh jahat.
  Dianggap mampu mengubah anak nakal jadi anak baik.
  Dianggap mampu mengubah anak bodoh jadi anak pintar.
  Dianggap orang yang paling bertanggung jawab mendidik akhlak seorang anak.
  Dianggap orang yang paling banyak kenal sama romo-romo hebat.
  Dianggap orang yang paling bisa dipercaya sebagai tempat curhat.
  Dianggap mampu memiliki totalitas dalam bekerja.
  Dianggap sebagai orang baik, yang mau bekerja dengan gaji minim.
  Dianggap mampu membangun harapan bagi orang lain.
  Dianggap mampu selalu menolong orang lain.
  Dianggap orang yang kudus.
  Dianggap perpanjangan tangan Tuhan.
  Dianggap dekat dengan Tuhan.
  selain,
  Dianggap miskin
  Dianggap gak punya masa depan
  Dianggap gak punya penghasilan yang memadai
  Dianggap gak keren
  Dianggap cuma bisa omong doang
  Dianggap orang bodoh
  selain itu,
  Dunia kerja tidak membutuhkan S.Pd Teologi
  Dunia kerja tidak ada lowongan S.Pd Teologi
  Cuma,
  Di sekolah katolik aja. Di negeri....boro-boro.


  Ya itu cuma beberapa cap yang hinggap dalam diri gue sekarang ini.
  Hinggap bukan karena gue mau. Tapi gak sengaja hinggap.
  Kenyataanya,
  Gue masih aja mikir jorok kok. Apalagi kalo liat cw seksi sedikit.
  Gue masih aja mengucapkan kata-kata kotor dan kasar. 
  "Tai. 
   Ngentot. 
   Puki. 
   Cukimai. 
   Anjing. 
   Babi. 
   Monyet. 
   Kampret. 
   Tolol. 
   Goblok. 
   Gila.
   Sinting.
   Najis.
   Bangsat.
   Brengsek.
   Ngepet.
   Pantat.
   Kentut.
   Sampah. 
   etc."
  Gue masih aja kesel sama romo-romo lagaknya yang udah kayak "Lembu tambun".
  Minta ini, minta itu. Aslinya...dah lu tau sendiri gimana.
  Gue masih aja malas kalo aktif di Gereja.
  Gue masih aja setengah-setengah mengerjakan sesuatu. 
  Gimana gak setengah-setengah juga, dituntut yang berkualitas di sana-sini. Akhirannya 
  cuma, "Makasih yah!" 
  dan selalu diminta bersyukur karena udah berguna bagi sesama.
  Gue masih aja suka mengeluh dalam sepanjang hidup ini.
  Ada aja yang masih ngerokok padahal tau merokok itu merusak kesehatan. 
  Merusak kesehatan itu dosa.
  Gue masih aja suka ngemeng sana-ngemeng sini. Melakukan pencitraan baik. Sok akrab 
  sama orang-orang kudus yang hebat.
  Buat proyek ini, buat proyek itu, dananya cuma buat kesenangan pribadi.
  Baca alkitab aja jarang.
  Apalagi nolong orang kesusahan.
  'cuma menang semalam doang' kok selama ini.
  
  Akhirnya gue mulai berbicara dengan hati nurani gue  (-red: hati nurani dicetak miring): 


  "Loe bangga jadi katekis?"
  
  "Bangga"
  
 "Apa yang buat lo bangga??"

 "Pada saat orang nanti mati, cuma katekis yang bisa tolong mereka!, katekis/guru 
   agama-lah yang mereka cari! Uang, pangkat, ketenaran, bakal kalah"

 "jadi lo bangga karena itu?"

 "ya"

 "lo bercanda kan??"

 "gak"

 "gimana orang bisa percaya sama kita? 
   kalo kita sendiri adalah orang yang sebenernya gak layak untuk dipercaya!
   Bakal masuk mana tuh orang kalo menyerahkan diri pada kita?? Gila lo.."

 "terus?"

 "Apa layak kita mewarkatan Dia kalo kita sendiri sikapnya gak ada bedanya sama sampah?"

 "justru karena kita sampah kita dipakai"

 "justru karena kita sampah kita harus beresin hidup kita dulu?"

 "gak perlu"

 "maksudnya?"

 "...."

 "-_______-"

 "hmm..."

 "Katalo gue adalah seorang guru Agama, are you joke?"

 "apakah itu artinya semua hal di dunia ini gak layak dipercaya?"

 "apakah di dunia ini hanyalah soal percaya?"

 "apakah hanya soal uang dan kekayaan?"

 "apakah hanya soal iman?"

 "apakah hanya soal perubahan nasib?"

 "apakah hanya soal Dia?"

 "apakah hanya soal kekuasaan?"

 "itu hanya sebuah pencitraan, bukan?"

 "apakah kamu merasa tertuntut?"

 "memang pelayanan selalu dituntut, bukan?"
  
 "Kita ini adalah seorang pelayan."
   
  "yang selalu dituntut baik, kalo tidak dibuang dalam neraka"

   "Kalo begitu jadilah pemimpin"

   "yang selalu dituntut tidak berbuat dosa, dan melayani orang lain, jika tidak dosa dan 
   dibuang dalam neraka!"

 "apakah hanya soal neraka?"
 
 "apakah hanya soal Surga?"

 "apakah ini semua hanya karena kau takut berdosa kawanku katekis?"

 "bukan...ini karena aku begitu mencintaiNya dan tak ingin membuatNya kecewa."


 "Jadi.."


 "Aku tidak ingin jadi katekis. Sebenernya, aku ingin jadi kaya dulu baru jadi katekis"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar